Selasa, 27 Agustus 2013

Sejarah Sepak Bola

Sepak bola adalah jenis olahraga yang sangat diagungkan di seluruh dunia. Pencinta olahraga ini tidak terhitung banyaknya. Mereka begitu memuja sepak bola, bahkan menyakralkannya sedemikian rupa. Bagaimana sepak bola dapat menjadi olahraga yang sangat terhormat dan begitu bergengsi?
Pemainnya pun sedekimian dielu-elukan layaknya pahlawan? Sesungguhnya sepak bola telah melewati sejarah amat panjang sejak awal kemunculannya. Sejarah sepak bola telah dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 Sebelum Masehi. Sejarah olahraga ini bermula di Cina.
Pada masa Dinasti Han, dalam masyarakat Cina berkembang permainan menggunakan bola kulit. Cara memainkan bola kulit ini adalah dengan menggiring dan menendangnya ke sebuah jaring kecil. Permainan semacam ini juga terdapat di Jepang, yang disebut dengan kemari. Permainan menggiring dan menendang bola juga berkemabng di Italia sejak abad ke-16.
Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris. Di negara ini, sepak bola menjadi sangat digemari. Sayangnya, banyak kekerasan terjadi selama pertandingan pada beberapa kompetisi. Hingga pada tahun 1365, Raja Edward III melarang sepak bola dimainkan. Keputusan Raja Edward III ini mendapat dukungan Raja James I dari Skotlandia.
Pada tahun 1815, sepak bola menjadi sangat terkenal di lingkungan sekolah dan universitas di Inggris. Tahun 1863 menjadi tahun kelahiran sepak bola modern yang terjadi di Freemasons Tavern.
Ketika itu, 11 sekolah dan klub berkumpul. Mereka merumuskan aturan baku untuk olahraga sepak bola. Bersamaan dengan itu, pemisahan yang jelas antara jenis olahraga sepak bola (soccer) dan rugby pun terjadi.
Pada tahun 1800-an, olahraga sepak bola dibawa oleh pedagang, pelaut, dan tentara Inggris ke berbagai penjuru dunia. Asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk pada tahun 1904. Selanjutnya, berbagai kompetisi olahraga sepak bola diselenggarakan di berbagai negara.
Gegap gempita yang mewarnai olahraga sepak bola saat ini telah melewati perjalanan masa ribuan tahun lamanya sejak olahraga ini pertama kali dikenal, dan terus berkembang.
Sejarah sepak bola adalah sebuah sejarah yang membentang amat panjang yang tampaknya tidak banyak lagi yang mengenangnya.
- See more at: http://analisabola.com/2012/11/sejarah-sepak-bola-dunia/#sthash.IZnXxvD2.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar